Pages

Subscribe:

Khamis, 6 Disember 2012

~* KEUTAMAAN HRI JUMAAT ~*

♥ KEUTAMAAN HARI JUMAAT ♥

♥ HARI TERBAIK.

♥ Imam Abu Hurairah Radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabada : Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumaat. Pada
har
i itu Adam diciptakan di masukkan ke Surga serta di keluarkan darinya. Dan Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumaat.

♥ TERDAPAT WAKTU MUSTAJAB UNTUK BERDOA.

♥ Imam Abu Hurairah Radhiallahu anhu berkata : Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya pada hari Jumaat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah. Pada waktu itu niscaya Allah akan mengabulkannya. Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu.
(H. Muttafaqun Alaih).

♥ Ibnu Qayyim Al Jauziah setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu mengatakan: Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih. Pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua sesudah Ashar dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi (Zadul Ma'ad Jilid I/389-390).

♥ SEDEKAH PADA HARI JUMAAT LEBIH UTAMA.

Ibnu Qayyim berkata : Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan di banding bulan-bulan lain nya. Hadits dari Ka'ab menjelaskan : Dan sedekah pada hari itu lebih MULIA dibanding hari-hari selainnya.(Mauquf Shahih)

♥ HARI TATKALA ALLAH TAALA MENAMPAKKAN DIRI KEPADA HAMBA NYA YANG BERIMAN DI SYURGA.

Sahabat Imam Anas bin Malik Radhiallahu anhu dalam menafsirkan ayat: Dan Kami memiliki pertambahannya (QS.50:35) mengatakan bahawa : Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumaat.

♥ HARI BESAR YANG BERULANG SETIAP PEKAN. ( MINGGU ).

Ibnu Abbas Radhiallahu anhu berkata : Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda:
Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi ummat Islam. Maka barangsiapa yang hendak menghadiri shalat Jumaat maka hendaklah mandi terlebih dahulu .
(H.R. Ibnu Majah).

♥ HARI JUMAAT ADALAH HARI DI HAPUSKAN DOSA-DOSA.

Sahabat Salman Al Farisi Radhiallahu anhu berkata : Baginda Rasulullah shallallahu alahi wasallam bersabda : Barangsiapa yang mandi pada hari Jumaat bersuci sesuai kemampuannya merapikan rambutnya memakai wangi-wangian lalu berangkat ke masjid dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk di lewati nya kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumaat. (H.R. Bukhari).

♥ HARI JUMAAT DI LIPAT GANDA SEGALA KURNIA.

Orang yang berjalan untuk shalat Jum'at akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa.
Sahabat Aus bin Aus berkata : Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Biapa yang mandi pada hari Jumaat kemudian bersegera berangkat menuju ke masjid dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah.
(H.R. ImamAhmad dan Ashabus Sunan dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

Sayyidina Abu Bakar ash-shiddiq radhiallau anhu berkata :
Barangsiapa yang mandi pada hari Jumaat maka akan terhapus dosa-dosanya dan bila berjalan ke mesjid maka di catat untuk nya tiap langkah nya dua puluh hasanat.
( R.Ibnu Abi Syaibah ).

♥ MATI PADA HARI JUMAAT ATAU MALAM NYA MAKA TERLEPAS AZAB KUBUR KE ATAS NYA DAN TANDA KHSNUL KHATIMAH BUAT NYA.

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru bahwa Rasulullah Sholallohu alayhi wassalam bersabda Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumaat atau malamnya niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur . (H.R. Imam Ahmad dan Tirmizi dinilai shahih oleh Al-Bani).

0 ulasan:

Catat Ulasan