Subscribe:

Jumaat, 16 November 2012

~* KELEBIHAN ASYURA ~*

HARI ASYURA.
♥ Ibnu Abbas radhiyallahu anhu pernah ditanya tentang puasa Asyura. Ia menjawab : Aku tidak mengetahui Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam berpuasa pada suatu hari untuk mencari keutamaannya di banding hari-hari yang lain kecuali pada hari ini (Asyura) . Dan tidak pula berpuasa pada suatu bulan kecuali bulan Ramadhan. (Shahih. H.R Imam Bukhari (2006) dan Muslim (1132).

♥ Yakni
berpuasa pada tanggal 10 Muharram (Asyura), sebagaimana keutamaannya diriwayatkan dari Abu Qatadah radhiyallahu anhu Nabi shallallahu’alaihi wa sallam pernah di tanya tentang keutamaan pada hari Asyura. Maka beliau bersabda : Dapat menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu. (Shahih. H.R Imam Muslim (1162) dan Irwa-ul Ghalil (955).


♥ Di sunnahkan pula untuk berpuasa pada hari sebelumnya yaitu tanggal 09 Muharram (Tasu’ah).

♥ Berdasarkan hadits dari Abi Ghathafan bin Tharif al-Murri radhiyallahu anhu ia berkata : Saya pernah mendengar Ibnu Abbas radhiyallahu anhu berkata :Ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam berpuasa pada hari Asyura dan Beliau memerintahkan (para Shahabatnya) agar berpuasa juga. Mereka berkomentar : Ya Rasulullah hari Asyura adalah hari yang di agungkan oleh kaum Yahudi dan Nashrani. Maka Beliau berkata, insya Allah tahun depan kita akan berpuasa pada tanggal sembilan (Tasu’ah). Maka Ibnu Abbas berkata : Tetapi belum sampai pada tahun depannya, Beliau shallallahu;alaihi wa sallam sudah wafat.” (Shahih, HR Muslim (1134) Abu Daud (2136).

♥ Diantara ulama yang berpendapat disunnahkan menggabungkan puasa tanggal 09 dan 10 Muharram adalah Imam Malik, Imam Asy-Syafi’i dan Imam Ahmad, sehingga tidak menyerupai yang berpuasa pada tanggal sepuluhnya saja. (Syarah az-Zarqani (II/237) dan al-Majmu’ (VI/383).

0 ulasan:

Catat Ulasan