Pages

Subscribe:

Selasa, 20 November 2012

~* Syair Qalbi ~*


♥ Dikisahkan ada seseorang yang mendatangi Al-Imam Ahmad dan bertanya kepada beliau : Wahai Imam.. bagaimana menurut anda mengenai sya’ir ini ?

Beliau menjawab : Sya’ir apakah ini ? Lalu orang tersebut membaca sya’ir berikut :

إذا ما قال
لي ربي اما استحييت تعصيني

♥ Jika Rabb-ku berkata kepadaku : Apakah engkau tidak malu bermaksiat kepada KU ?

وتخفي الذنب عن خلقي وبالعصيان تأتيني

♥ Engkau menutupi dosamu dari makhluk KU tapi dengan kemaksiatan engkau mendatangi KU.

فكيف أجيبُ يا ويحي ومن ذا سوف يحميني؟

♥ Maka bagaimana aku akan menjawabnya? Aduhai.. celakalah aku dan siapa yang mampu melindungiku?

أسُلي النفس بالآمالِ من حينٍ الى حيني

♥ Aku terus menghibur jiwaku dengan angan-angan dari waktu ke waktu.

وأنسى ما وراءُ الموت ماذا بعد تكفيني

♥ Dan aku lalai terhadap apa yang akan datang setelah kematian dan apa yang akan datang setelah aku dikafan.

كأني قد ضّمنتُ العيش ليس الموت يأتيني

♥ Seolah-olah aku akan hidup selamanya dan kematian tidak akan menghampiriku.

وجائت سكرة الموتُ الشديدة من سيحميني

♥ Dan ketika sakaratul maut yang sangat berat datang menghampiriku..maka siapakah yang mampu melindungiku?

نظرتُ الى الوُجوهِ أليـس منُهم من سيفدينـــي

♥ Aku melihat wajah-wajah manusia. Tidakkah ada di antara mereka yang akan menebusku?

سأسأل ما الذي قدمت في دنياي ينجيني

♥ Aku akan ditanya tentang apa yang telah aku persiapkan untuk dapat menyelamatkanku (di hari pembalasan)

فكيف إجابتي من بعد ما فرطت في ديني

♥ Maka bagaimanakah aku dapat menjawabnya setelah aku melupakan agamaku ?

ويا ويحي ألــــم أسمع كلام الله يدعوني

♥ Aduhai sungguh celakalah aku.. Tidakkah aku mendengar firman Allah yang menyeruku?

ألــــم أسمع لما قد جاء في قاف ويسِ

♥ Tidakkah aku mendengar apa yang datang kepadaku (dalam surat) Qaaf dan Yasin itu?

ألـــم أسمع بيوم الحشر يوم الجمع و الديني

♥ Tidakkah aku mendengar tentang hari kebangkitan ? Hari dikumpulkannya (manusia) dan hari pembalasan?

ألـــم أسمع مُنادي الموت يدعوني يناديني

♥ Tidakkah aku mendengar panggilan kematian yang selalu menyeruku.. memanggilku?

فيا ربــــاه عبدُ تــائبُ من ذا سيؤويني

♥ Maka wahai Rabb-ku.. akulah hambamu yang ingin bertaubat. Siapakah yang dapat melindungiku?

سوى رب غفور واسعُ للحقِ يهديني

♥ Melainkan Rabb yang Maha Pengampun lagi Maha Luas Karunianya, DIA lah yang memberikan hidayah kepadaku.

أتيتُ إليكَ فارحمني وثقــّـل في موازيني

♥ Aku datang kepada MU maka rahmatilah diriku dan beratkanlah timbangan (kebaikanku).

وخفَفَ في جزائي أنتَ أرجـى من يجازيني

♥ Ringankanlah hukumanku. Sesungguhnya hanya Engkaulah yang kuharapkan pahalanya untukku.

♥ Al-Imam Ahmad terus melihat bait-bait sya’ir tersebut dan mengulang-ulangnya kemudian beliau menangis tersedu-sedu. Salah seorang muridnya mengatakan bahwa beliau hampir pingsan karena begitu banyaknya menangis.

♥ Semuga mendapat sedikit pemgajaran dan setitis keinsafan.
♥ Ya Allah Ya Rahman. Berbelas kasihanlah kepada kami sekelian.

0 ulasan:

Catat Ulasan